Tips: Cara Mudah Perpanjang Usia Baterai Ponsel Hp

Tips: Cara Mudah Perpanjang Usia Baterai Ponsel Hp


Advertisement

Baca juga:

    Sponsored


    Post Terbaru:

    Sponsored

    Advertisment

    Tips: Cara Mudah Perpanjang Usia Baterai Ponsel Hp
    Tips seputar baterai sudah berulang kali ditulis dalam rubrik ini. Namun, mengingat terus bertambahnya pelanggan ponsel, ada baiknya juga kalau kita berdiskusi kembali soal tip merawat baterai ponsel.

    Walau kelihatan sepele, merawat baterai ponsel memang sangat penting. Soalnya, baterai yang tiba-tiba habis (drop) bukan saja menjadi sumber kejengkelan, tapi sangat mengganggu kepentingan pelanggan ponsel. Bayangkan, di tengah pembicaraan penting tiba-tiba hubungan terputus karena baterai habis; padahal di saat awal pembicaraan, indikator baterai menunjukkan setrum di baterai masih banyak.

    Karenanya, yang pertama-tama harus diperhatikan adalah apakah baterai ponsel Anda jenis lithium (Li-ion) atau bukan (NiCad atau NiMH). Perbedaan kedua jenis baterai ini sangat mendasar.

    Jenis lithium bisa di-charge kapan saja tak harus menunggu baterai sudah habis. Bila baterai ponsel Anda jenis nickel, Anda membutuhkan perhatian lebih khusus. Sebab, baterai jenis nickel harus menunggu setrumnya benar-benar habis (sampai tak bisa lagi dipakai untuk menghidupkan ponsel) sebelum Anda men-charge-nya. Lakukan terus kebiasaan ini dengan disiplin setiap kali Anda ingin mengisi baterai ponsel. Hal ini untuk mencegah memory effect atau terus berkurangnya daya simpan baterai.

    Setelah mengetahui karakteristik baterai ponsel Anda, ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar baterai tak cepat habis, di antaranya:

    PertamaJangan taruh pesawat ponsel Anda di atas barang-barang elektronik (seperti TV, audio set dan lemari pendingin) karena medan magnet yang keluar dari alat-alat elektronik ini bisa mengganggu kinerja komponen-komponen ponsel Anda.

    KeduaJangan sering mematikan lalu menghidupkan ponsel Anda kalau tak terlalu penting. Asal Anda tahu, setiap kali menyalakan ponsel, secara otomatis ponsel akan mencari jaringan operator masing-masing yang membutuhkan energi hampir setara dengan satu jam waktu stand by.

    Akan Rugi kan kalau cuma mematikan 5 -10 menit, tapi baterai Anda kehilangan kemampuan stand by begitu lama. Jadi, kalau Anda tak mau terganggu dering ponsel, aturlah Bateray ponsel Anda dalam mode silent. Bila tidak punya fasilitas pengatur mode, kurangi deringnya.

    KetigaCabut charger bila baterai sudah penuh. Bila charger Anda masih bagus, terus-menerus men-charge bisa membuat charger cepat rusak. Bila charger sudah tak bisa menghentikan kiriman setrum kendati baterai sudah penuh, yang cepat rusak adalah baterai ponsel Anda.


    Demikianlah Postingan Tips: Cara Mudah Perpanjang Usia Baterai Ponsel Hp Oleh Admin Gratis AZ Lihat Juga Koleksi Kumpulan Gambar Foto Wallpaper Komputer Atau Laptop Dan Juga Smarphone Pintar Android Dan Iphone